Melihat kejayaan masa lalu, Toyota Supra pantas dikenal sebagai salah satu sports car paling menawan yang dipasarkan Toyota. Setelah bertahun dihentikan, generasi terbaru Toyota Supra menawarkan rasa berkendara yang menyenangkan dan mesin yang bertenaga. Hanya ada satu varian yang dibawa ke Indonesia. Harga Toyota Supra 2020 saat ini dimulai dari Rp2.1 miliar untuk Toyota Supra GR 2.0L A/T.

Jika generasi kelima mulai dipasarkan secara global pada Janari 2019, konsumen Indonesia mendapatkan sports car legendaris ini sejak Oktober 2019. Menggunakan platform BMW Cluster Architecture, Supra dalam dalam bodi sportscar Segmen S. Banyak yang menyayangkan kehadiran mesin BMW B58 3.0T 6-siilnder pada generasi kelima. Meskipun hal tersebut tak mengubah performanya yang tetap mengesankan di lintasan.

Sekilas info, Toyota Supra hadir karena adanya kolaborasi antara BMW dan Toyota. Mobil ini dihadirkan dengan tujuan untuk menyaingi mobil lain di kompetisi GTE dan juga memenuhi kebutuhan konsumen.

 

Sejarah Toyota Supra

Telah lama ditunggu-tunggu, Toyota akhirnya menghadirkan generasi terbaru Toyota Supra GR yang mewarisi legenda sports car Toyota. Bekerja sama dengan BMW, kehadirannya mendapatkan polesan baru yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Supra merupakan legenda sports car sejak kali pertama diperkenalkan sebagai bagian dari Toyota Celica, bernama Toyota Celica Supra. Popularitasnya meningkat di pasar Eropa dengan kehadiran Mk2 Celica XX. Dibuktikan dengan memenangkan kompetisi US Grand Prix 1979.

Baru akhirnya Toyota menghadirkan Supra sebagai model yang berdiri sendiri. Berbeda dengan Celica, Supra mendapatkan penggerak roda belakang dan dikembangkan dengan pilihan bodi Tourer. Supra Mk3 dirilis di pasar Amerika dan Jepang.

Pesaingnya mulai berdatangan seperti Mazda RX-7, Honda NSX, bahkan Nissan 300ZX. Generasi keempat meluncur tahun 1993. Isao Tsuzuki selaku Guidance of Chief Engineer menegaskan filosofi ‘less is more’. Bodinya dibuat lebih ringan 100 kg dan aerodinamika ditingkatkan.

Hasilnya, Mk4 memenangkan berbagai. Penghargaan seperti Pikes Peak, Le Mans 24 Hours, hingga All-Japan GT Championship (JGTC) dari tahun 1995 hingga 2003. Sayangnya, karena tidak bisa memenuhi target emisi gas buang yang ditetapkan, Supra berhenti diproduksi sejak 2002.

Kekecewaan penggemar Supra harus dipendam selama 17 tahun. Hingga akhirnya Toyota memperkenalkan generasi terbaru pada Detroit Auto Show 2019. Toyoa Supra 2019 tak ketinggalan menyapa penggemarnya di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dan dipasarkan hingga saat ini.