Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, Toyota sudah memproduksi berbagai macam mobil. Pabrikan otomotif asal Jepang tersebut menjual mobil komersial, mobil penumpang, hingga sports car. Salah satu mobil sports car yang cukup terkenal adalah Toyota MR2. Yuk lebih mengenal spesifikasi dan harga dari Toyota MR2 di bawah ini!

Mengenal Toyota MR2

MR2 merupakan mobil sport 2-seater pertama Toyota yang menempatkan mesin pada bagian tengah kendaraan. Nama MR sendiri merupakan sebuah singkatan yang berarti Midship Runabout 2 Seater yang sesuai dengan desainnya. Mobil ini berfokus pada kepraktisan dan keasyikan berkendara dengan memperhatikan kemudahan akses masuk dan keluar, serta ketinggian tempat duduk. Selain itu, mobil ini juga didesain sebagai mobil sport-car yang ramah lingkungan.

Mobil sport 2-seater bermesin tengah ini merupakan bagian dari proyek Toyota pada tahun 1976. Toyota kemudian memperkenalkan sebuah mobil konsep pada tahun 1983 yang diberi nama SV-3. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1984, Toyota meluncurkan generasi pertama dari MR2.

Toyota MR2 generasi pertama hadir dengan desain yang mengotak, 2 pintu, dan mesin pada bagian tengah. Mobil ini terpilih sebagai Car of The Year di Jepang selama 2 tahun berturut. Lima tahun eksis di pasar otomotif Jepang, Toyota meluncurkan generas kedua dari MR2 pada tahun 1989.

Generasi kedua tetap mempertahankan konsep sporty commuter pada MR2 yang diluncurkan tahun 1984. Meskipun demikian, mobil ini mengalami perubahan desain total. Tidak hanya desain eksterior, Toyota juga turut merombak bagian mesin dari MR2 yang kini lebih bertenaga.

Toyota MR2 generasi ketiga meluncur pada tahun 1999 dengan desain yang sepenuhnya berbeda. Mobil ini hadir dalam tipe Roadster dan tidak menggunakan hidden headlamp layaknya model sebelumnya. Generasi ketiga dari MR2 juga memiliki wheelbase lebih panjang agar berkendara semakin stabil. Akibat penjualan yang rendah, Toyota akhirnya menghentikan penjualan dari MR2 pada Juli 2004.

Spesifikasi Toyota MR2

1. Generasi Pertama (W10)

Saat pertama kali diluncurkan, Toyota MR2 menggunakan mesin Toyota Corolla seri E80, yakni mesin bensin 1,5 liter naturally-aspirated berkode 3A-LU yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 83 hp.

Toyota juga menawarkan mesin yang lebih bertenaga, yakni mesin bensin naturally-aspirated berkode 4A-GE dengan kapasitas 1.587 cc DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 130 hp. Khusus varian mesin ini, Toyota memberikan dua opsi transmisi, yakni otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Pada tahun 1986, Toyota MR2 mendapatkan mesin dengan performa yang lebih mumpuni. Toyota menyematkan mesin berkode 4A-GZE dengan kapasitas 1,6 liter supercharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 145 hp pada 6.400 RPM dan torsi 186 nm pada 4.400 RPM. Varian tertinggi diklaim memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6,5 detik.

2. Generasi Kedua (W20)

Tidak hanya sektor bodi yang mengalami perubahan, MR2 W20 juga menggunakan mesin yang berbeda. Generasi kedua dari MR2 menggunakan mesin yang digunakan Celica 2000 GT, yakni mesin bensin berkode 3S-GE 4 silinder 2,0 liter dengan teknologi DOHC. Mesin tersebu mampu menghasilkan tenaga 165 PS dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Untuk varian teratas GT-S dan GT, MR2 dibekali dengan mesin 3S-GTE berkapasitas 2,0 liter dengan tubocharger. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 218 hp dan dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan.

3. Generasi Ketiga (W30)

Toyota MR2 W30 hadir dalam satu pilihan mesin, yakni mesin bensin 4 silinder 1.794 cc berkode 1ZZ-FED. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 140 PS pada 6.400 RPM dan torsi 171 Nm pada 4.400 RPM. Tenaga disalurkan lewat pilihan transmisi manual 6-percepatan, SMT 5-percepatan, dan manual 5-percepatan.

Berkat bodi yang lebih ringan serta mesin lebih bertenaga, mobil ini mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 6,8 hingga 8,7 detik tergantung dari pilihan transmisinya.

Harga Toyota MR2

Kini, Toyota MR2 sudah tidak diproduksi. Meskipun demikian, para penggemar mobil coupe 2-pintu ini masih bisa mencari mobil bekasnya. Toyota MR2 bekas bisa dicari di pasar mobil bekas, meski stoknya terbatas. Di pasar mobil bekas, Toyota MR2 generasi ketiga bisa didapatkan di harga Rp450 juta hingga Rp490 jutaan untuk tahun produksi 2001 hingga 2004.

okewla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending